Apa itu CBS ISS pada Matic Honda?

Otomade.com - Kali ini kita akan bahas sedikit fitur umum yang selalu ada pada sepeda motor matic Honda yakni CBS dan ISS ada juga CBS ISS. Fitur ini hampir ada pada setiap motor matic Honda yang artinya sudah menjadi kewajiban untuk matic Honda memiliki dua fitur CBS ISS ini yang memiliki fungsi yang maksimal.

Apa itu CBS ISS pada Matic Honda?

Apa itu CBS ISS? CBS merupakan singkatan dari Combi Brake System yang artinya sistem pengereman ganda, dimana saat kita tekan tuas rem kanan (belakang) maka rem depan juga ikut beroperasi / bekerja, sehingga pengereman menjadi lebih pakem karena keduanya berfungsi. Sistem ini sudah ada sejak awal pertamanya lahir Honda Vario Techno sekitar tahun 2009.

Sementara itu untuk ISS adalah singkatan dari Idling Stop System  merupakan fitur yang bisa menghemat bahan bakar motor matic Honda, cara kerja ISS ini adalah, pada saat kendaraan berhenti selama lebih dari 5 detik maka mesin motor akan mati secara otomatis. Untuk menghidupkannya lagi cukup dengan menarik gas saja maka mesin sudah hidup lagi. Dengan fitur ini maka saat macet atau lampu merah maka akan bisa menghemat bahan bakar supaya tidak terbakar sia-sia.

Selama ini mungkin masih banyak yang belum paham dengan perbedaan keduanya karena produk matic Honda biasanya menambahkan dua fitur itu pada nama produknya. Misalnya ada Honda Beat CBS dan ada juga Honda Beat CBS ISS. Apa bedanya kedua produk Honda yang namanya seperti itu? Bedanya hanya pada fitur utama yakni Jika Honda Beat CBS maka fitur yang ada pada Honda Beat itu hanya ada fitur CBS / pengereman, sementara fitur ISS tidak ada, sehingga harganya lebih murah.

Sedangkan jika ada produk Honda dengan nama dibelakangnya berisi CBS ISS artinya produk motor matic Honda itu memiliki kedua fitur itu yakni CBS dan ISS jadi Honda itu memiliki fitur lengkap sehingga harganya lebih mahal dari yang CBS. Perbedaan harganya biasanya sekitar lagi Rp 400k - 800k saja. Jadi Honda selalu memberikan pilihan bagi konsumen untuk memilih memakai CBS saja atau CBS ISS.

Fitur CBS dan ISS ini hanya ada pada motor matic Honda, sementara itu ada juga fitur wajib yang lain pada matic Honda yakni ACG (Alternate Current generator) merupakan fitur yang ada pada elektrik starter motor matic. Fitur ini berguna saat motor matic dihidupkan tidak bunyai ribut / bledak, artinya saat tekan tombol starter motor tidak ribut / senyap.

Nah itulah perbedaan fitur CBS dan CBS ISS yang ada pada motor matic Honda, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi kamu ketika akan menentukan pilihan saat akan membeli sepeda motor matic Honda, CBS atau CBS ISS, terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Apa itu CBS ISS pada Matic Honda?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel