Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Accu itu Mati, Soak, Tekor Gak Bilang-bilang

Otomade.com - Halo Brosis, jumpa lagi dengan saya, kali ini saya mau cerita tentang masalah accu/aki yang saya alami pada motor Shogun SP saya beberapa hari yang lalu.



Caritanya begini, beberapa hari lalu saya sempat bongkar akinya karena mau pasang USB Charger, namun gak jadi karena sekring charger pecah karena tertimpa oleh aki yang jatuh dan soket aki yang positif juga putus.

Saat saya pasang lagi akinya kondisinya masih bagus semua lampu masih nyala dan klakson juga masih hidup jadi hampir tidak ada masalah dengan pemasangan akinya.

Nah besoknya saya mau hidupkan motornya, kok akinya tekor, lampu gak nyala, spidometer juga jarumnya gak naik saat pertama dihidupkan, klakson dan lampu sein juga gak bisa nyala.

Namun kadang-kadang dia mau hidup, tanpa ada kendala, makanya saya bingung. Lalu saya mencari solusi di grup saya mencari postingan dengan masalah yang sama. Dari postingan itu saya menemukan beberapa solusi seperti lepaskan aki lalu hidupkan motor, jika brebet maka kemungkinan spul yang kena. Nah motor saya hidup dengan normal.

Ada juga solusi kalau kabel kiprok korosi jadi harimus dibersihakan, setelah saya coba hasipnya juga nol. Ada juga solusi cek sekring dan juga soket aki. Nah saya sudah ganti sekring dan juga pakai soket aki tembaga, juga masih sama, tidak ada perubahan.

Dari sekian solusi yang saya coba ternyata tidak ada yang berhasil. Akhirnya saya coba memakai aki motor lain, kebetulan saya punya motor Suzuki Address, saya ambil akinya saya taruh pada Shogun, ternyata lancar jaya, begitu juga sebaliknya, aki Shogun SP saya pasang pada Address, ternyata memang tekor, lampu mil saja tidak nyala.

Nah dengan percobaan di atas maka saya putuskan bahwa aki shogun SP itu dengan merk Titan sudah rusak umurnya sudah lebih dari satu setengah tahun. Oleh sebab itu saya pergi ke bengkel untuk membeli aki baru dengan merk Yuasa, dan setelah ganti aki, ternyata semua menjadi lancar jaya.

Nah itulah cerita saya tentang aki yang tekor pada shogun SP FD, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Accu itu Mati, Soak, Tekor Gak Bilang-bilang"