Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Berbelanja Online di Shopee ala Admin Otomade

Otomade.com - Halo Brosis, jumpa lagi dengan saya, kali ini saya akan memberikan sedikit tips tentang cara belanja online di aplikasi Shopee yang mungkin belum kamu tahu. Saya sendiri sudah hampir setahun memakai Shopee untuk belanja online, jadi saya sudah tahu beberapa tips/cara berbelanja online di shopee.

Tips Berbelanja Online di Shopee ala Admin Otomade.com

Bagi kamu yang sudah sering berbelanja online di Shopee mungkin tips ini kurang berguna, namun tips ini mungkin akan lebih berguna bagi mereka yang baru memakai Shopee, baik pengguna baru atau mereka yang baru pindah dari marketplace lain ke shopee.

Saat ini memang ada beberapa marketplace yang juga terkenal di Indonesia, namun kali ini saya lebih memilih Shopee ketimbang yang lain karena aplikasinya bagus, banyak promo gratis ongkir dan juga alasan tertentu kenapa saya lebih memilih shopee.

Baiklah saya tidak akan berlama-lama lagi untuk memberikan tips berbelanja online di Shopee.

  1. Pastikan kamu sudah punya akun shopee dan juga sudah unduh aplikasinya, kalau sudah silakan login ke aplikasi Shopee di HP kamu, namun jika belum punya akun silakan daftar/registrasi di link ini. Dan disana akan membuat nama dan juga alamat pengiriman barang, pastikan membuat nama dan alamat yang jelas.
  2. Setelah itu silakan cari barang yang akan kamu beli di kolom pencarian, misalnya mau cari alat motor seperti Mika lampu Belakang Suzuki Address Eropa, nanti akan muncul hasilnya.
  3. Setelah itu silakan lihat salah satunya yang paling sesuai, nah setelah itu tap dan tahan pada gambar produk, nanti akan muncul tulisan Serupa, silakan tap tulisan Serupa tersebut untuk mempersempit / melihat hasil yang lebih spesifik dari pencarian tersebut. Setelah itu akan muncul hasil yang lebih spesifik.
  4. Setelah itu kamu bisa filter dengan pilih penjual yang berstatus Star, Star + atau bahkan mall, nah silakan pilih saja salah satunya.
  5. Jika sudah, silakan pilih harga barang yang paling murah, kemudian lihat juga reviewnya, seperti apa review pembeli barang itu, kalau rivewnya 4,6 - 4,8 itu sudah bagus. Selain itu lihat juga berapa banyak barang yang terjual.
  6. Silakan lihat juga toko penjualnya apakah official store atau tidak, biasanya merk-merk tertentu /merk terkenal memiliki Offial Store berupa Mall, misalnya Samsung, Oppo dll.
  7. Setelah itu silakan lihat juga mereknya, karena kadang ada juga barang asli dan barang kw, kalau penjual jujur biasanya di perlihatkan di keterangan barang jika barang itu asli maka akan terlihat mereknya dan jika barang itu KW maka akan tidak ada merk. Misalnya kalau asli Suzuki maka pada keterangan akan terlihat Suzuki / Suzuki Genuine Part, jika KW tidak akan terlihat merknya.
  8. Jika sudah jadi membeli maka silakan masukkan ke kerajang, nah sebelum ceckout silakan cari diskon ongkir/cashback. Jika mau dapat promo ongkir, silakan bayar memakai sistem COD, ShopeePay atau ShopeePay Later dan biasanya ada minimal belanja dari Rp0, Rpp10.000 dan juga Rp30.000 dan lain-lain. Silakan coba beberapa promo ongkir supaya dapat ongkir paling murah.
  9. Nah disini saya biasanya pembayaran pakai ShopeePay. Nah jika sudah memilih promo free ongkir silakan coba checkout untuk melihat detail belanja dan juga ongkirnya, jika dirasa  ongkir masih besar, silakan coba pilih lagi promo free ongkir yang ada, sampai menemukan ongkir yang paling murah, biasanya Rp0, Rp10.00 dll.
  10. Pastikan saldo ShopeePay kamu mencukupi dan ada sisa sekitar Rp20.000 ketika sudah dipakai membayar, biasanya kalau saldo ShopeePay ngepas / hampir sama dengan jumlah pembelian, biasanya promo free ongkir tidak bisa dipakai. Jalan satu-satunya silakan isi lagi saldo ShopeePay kamu. Atau jika bisa COD maka sebaiknya pilih COD saja, karena COD juga bisa dapat promo free Ongkir. Saya selalu seperti itu kalau belanja di Shopee.
  11. Nah jika sudah berhasil Checkout, silakan tunggu barang di kirim biasanya barang akan sampai sesuai estimasi yang tertera pada aplikasi, jika bayar pakai ShopeePay maka barang tinggal kita terima, jika COD maka siapkan jumlah uang sesuai jumlah belanjaan.
  12.  Nah jika barang sudah sampai, sebaiknya saat unboxing di videokan saja, biasanya banyak toko yang memakai syarat ini untuk pergantian barang jika barang yang dikirim rusak atau tidak sesuai.
  13. Jika barang yang dikirim sudah sesuai dan bagus dan datangnya juga sesuai estimasi, maka kamu juga bisa mereview barang itu.
  14. Nah jika kamu komplin, karena barang rusak atau tidak sesuai, berdasarkan bukti video unboxing itu kamu bisa mengembalikan barang itu sesuai prosedur, jangan menulis review dulu sebelum pengembalian di proses.
Nah itulah cara saya berbelanja online di Shopee, bagaimana caranya dengan cara yang mudah bisa mendapat barang yang kualitas bagus dengan harga yang terjangkau dan juga bisa bebas ongkos kirim. Nah kamu bisa coba cara di atas ketika kamu berbelanja online di Shopee, bagi kamu yang mau belanja, silakan klik saja link berikut www.shopee.co.id semoga bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Tips Berbelanja Online di Shopee ala Admin Otomade"