Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Hot Shoe dan Cold Shoe, Apa Fungsinya dan Apa Bedanya?

Otomade.com - Halo Brosis, jumpa lagi dengan saya, kali ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang apa itu Hot Shoe dan juga Cold Shoe pada kamera DSLR / Miroless.

Sebenarnya saya bukan orang yang berkecimpung di dunia fotografi atau tentang kamera, namun kali ini saya perlu informasi juga tentang Hot Shoe dan juga Cold Shoe ini.

Kebetulan saya sudah tahu sedikit tentang Hot Shoe dan Cold Shoe ini, maka saya akan mencoba berbagi informasi tentang keduanya di blog saya ini.

Sebelumnya juga saya bingung, dulu yang saya tahu cuma istilah Hot Shoe saja nah belakangan ini kok muncul istilah Cold Shoe ketika saya akan membeli sebuah holder HP yang berisi pegangan mic shotgun Boya BY MM-1 untuk dipakai pada HP.

Nah dari situ saya bingung, karena yg tertulis pada keterangan barang adanya Cold Shoe bukan Hot Shoe, nah saya pun bertanya dalam hati, apakah Cold Shoe itu sama dengan Hot Shoe? Apa bisa saya pasang mic saya nanti?

Setelah mencari informasi di luar negeri (Youtuber dari luar negeri 😄) akhirnya saya pun mulai paham apa beda Hot Shoe dan Cold Shoe, baik lah saya akan coba jelaskan apa itu Hot Shoe dan Cold Shoe.

Hot Shoe merupakan bagian dari Kamera DSLR biasanya berada pada bagian atas, fitur ini berfungsi untuk menaruh Flash kamera dan biasanya antara Hot Shoe dan Flash Kamera harus kompetibel supaya mau terpasang karena disana ada hubungan elektronik supaya flash mau nyala tanpa disambungkan kabel lagi saat kamera dipakai.

Biasanya masing-masing merk kamera memiliki tipe koneksi elektronik yang berbeda pada hot shoe, oleh sebab itu kadang merk kamera A tidak cocok dengan flash merk B. Nah jadi begitulah kira-kira fungsi dari Hot Shoe ini. Atau bisa juga untuk menempelkan mic external pada kamera.

Sedangkan cold Shoe fungsinya hampir sama dengan Hot Shoe yakni tempat untuk menempelkan flash, mic atau yang lain. Namun Cold Shoe ini tidak ada koneksi elektronik. Misalnya kita mau pasang mic external pada kamera, maka mic cukup ditempel pada cold shoe sedangkan untuk label micnya dicolokkan pada jack audio kamera. 

Selain pada kamera, cold shoe ini juga ada pada holder HP, rig kamera / HP atau bisa juga gimbal/stabilizer.

Nah jadi ketika saya membeli holder HP yang bisa naruh mic Boya BY MM-1 maka saya perlu Holder HP yang ada cold shoe karena antara Holder dan mic tidak ada koneksi elektronik, yg ada mic langsung terhubung ke HP. Saya belinya di shopee link ini https://shope.ee/9zKfW30eWo

Nah itulah pengertian dari Hot Shoe dan cold shoe seperti apa fungsinya dan bedanya, nah mungkin bagi kamu yang masih awam, sekarang sudah sedikit paham apa itu hot shoe dan cold shoe, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Apa itu Hot Shoe dan Cold Shoe, Apa Fungsinya dan Apa Bedanya?"