Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Karaoke Menggunakan Smart TV Apakah Bisa? Ini Jawabannya

Otomade.com -  Halo Jumpa lagi dengan saya kali ini saya akan memberikan sedikit tips tentang cara berkaraoke menggunakan Smart TV apakah bisa langsung dari TV atau harus memakai alat lain selain mic dan TV? Biasanya dengan smart TV / Android TV kita bisa langsung nonton Youtube untuk mendengarkan minus one dari lagu yang akan kita nyanyikan. Silakan teruskan membaca sampai ketemu jawabannya.

Cara Karaoke Pada Smart TV, Apakah Bisa? Ini Jawabannya.


Sebelumnya saya sudah pernah membuat video tutorial tentang cara memakai mic Advance 101 untuk dipasang pada spiker aktif atau juga saat memakai soundcard supaya bisa berkaraoke. Nah pada postingan video itu banyak yang bertanya apakah mic Advance 101 bisa dipakai langsung pada Smart TV untuk karaoke?

Sebelumnya juga saya sudah pernah menulis tentang mic Advance 101 ini bisa dipakai pada alat apa saja? silakan temukan jawabannya pada tulisan saya yang berjudul Mic Advance 101 bisa dipakai pada apa Saja? 

Nah sekarang kita lanjut dulu ke topik kita yakni apakah bisa karaoke langsung ke smart tv  dengan modal mic saja? Jawabannya tentu tidak bisa, kenapa tidak bisa karena Smart TV tidak ada lubang mic untuk input mic jadi suara mic mau dimasukkan lewat mana?

Selain itu smart tv sekarang kebanyakan memakai digital audio untuk bisa menyambungkan suaranya ke spiker lain beda dengan tv biasa atau / bukan smart tv masih ada lubang audio out berupa lubang audio jack 3,5 mm di bagian samping TV dan juga input RCA line audio out pada bagian belakang TV.

Nah untuk bisa memakai smart TV atau TV LED untuk berkaraoke maka kamu perlu alat bantuan yakni spiker aktif yang ada lubang Mic. Kenapa harus ada lubang mic? yakni untuk pasang mic yang akan dipakai karaoke.

Alat lain yang diperlukan adalah kabel RCA atau kabel aux tergantung TVnya, seperti apa model audio outnya. Sedangkan untuk smart TV biasanya memakai audio digital maka diperlukan alat converter dari digital ke analog, supaya bisa disambungkan ke line in atau aux in pada spiker aktif.

Jadi alat apa saja yang diperlukan supaya bisa berkaraoke pada Smart TV atau TV biasa?
  1. Spiker aktif yang ada fitur line in atau aux in dan pastinya colokan mic. Jika tidak punya spiker aktif maka bisa memakai amplifier yang disambungkan ke spiker pasif.
  2. Untuk smart TV memerlukan alat converter dari digital ke analog
  3. Untuk TV Biasa cukup kabel RCA atau aux untuk menyambungkan suara TV ke spiker aktif.
  4. Pastinya harus punya mic, bisa mic pakai kabel atau wireless.
  5. Setelah itu silakan rangkai semuanya supaya bisa dipakai Karaoke.
Jadi jawabannya sudah jelas sekali, untuk bisa karaoke memakai TV memerlukan alat diatas. Nah mungkin hanya itu jawaban saya tentang pertanyaan yang banyak masuk via kolom komentar di channel Youtube saya tentang, bagaimana cara memakai Smart TV untuk karaoke dengan memakai mic, semoga bermanfaat dan terima kasih. Jika ada pertanyaan silakan kirim pesan ke telegram saya untuk tanggapan lebih cepat.

Posting Komentar untuk "Karaoke Menggunakan Smart TV Apakah Bisa? Ini Jawabannya"