Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mic Robot RS20 Tidak Cocok Pada HP Oppo?

Otomade.com - Halo Brosis jumpa lagi dengan saya admin Channel Umah Video Channel, kali ini saya akan memberikan sedikit info tentang mic wireless robot RS-20.

Beberapa hari lalu saya membeli mic wireless robot RS20 untuk dipasang pada HP untuk keperluan membuat konten Youtube dan Blog.

Saya beli mic ini untuk dipakai pada HP Samsung dan kadang pada HP Oppo. Nah pertama saya coba pada HP Samsung A31.

Sebelum dipasang, seperti biasa saya unboxing dulu untuk memberikan informasi, apa saja yang ada dalam kotaknya. Isinya cuma user manual, kartu garansi, kabel data tipe C, Micnya dan transmiter mic nya.

Saat dipasang pada HP samsung ini bisa berfungsi namun harus memakai aplikasi Open Camera. Sedangkan saat memakai kamera bawaan ternyata mic ini tidak berfungsi padahal kamera bawaan sudah support mic external. Suara yang terekam juga tidak terlalu besar.

Nah sedangkan saat saya pasang pasa HP Oppo A16 mic wireless Robot Rs-20 ini sama sekali tidak berfungsi, lampu hijau pada receiver mic tidak menyala, padahal HP ini sudah punya fitur OTG dan juga kamera bawaan sudah support mic external. Saya juga coba memakai aplikasi Open Camera namun tidak juga berfungsi, suara tidak masuk lewat Mic Robot tapi mic HP.

Saya tidak tahu apa yang menyebabkan Mic Wireless Robot RS20 tidak berfungsi pada HP Oppo A16. Apakah semua HP Oppo tidak support dengan Mic Wireless Robot RS20 ini? Saya sudah coba setting beberapa hal, namun tetap tidak bisa.

Kebetulan ada teman saya yang punya HP yang sama yakni Oppo A16, maka saya coba pada HP itu, ternyata mau berfungsi micnya, lampu indikator warna hijau pada transmiter bisa menyala dan saat mic dinyalakan lampu hijau nyala terus yg artinya mic bisa berfungsi, saya pun jadi makin curiga jangan-jangan HP saya rusak.

Karena penasaran, akhirnya saya coba cara yang terakhir yakni dengan mereset HP ke setelan pabrik, berharap setelah selesai maka akan bisa memakai mic Robot RS20 ini.

Nah setelah selesai reset, saya langsung coba mic ini, tidak lupa nyalakan dulu OTG dan pengaturan kamera ke Add-on. Nah setelah saya masukkan transmiter / receiver mic, ternyata lampunya menyala dan saat saya nyalakan micnya lampunya langsung nyala hijau tidak kedip kedip lagi.

Nah kalau sudah begitu, itu artinya mic Robot RS20 ini sudah bisa berfungsi pada HP Oppo A16 milik saya, jadi saya merasa lega setelah ini.

Setelah itu malamnya saya coba lagi, mau dipakai, kok lagi micnya gak berfungsi pada Oppo A16, padahal OTG sudah hidup, tapi transmiter micnya gak nyala lagi, sudah dicoba dicolokkan beberapa kali, tetep gak mau nyala. Jadi tambah pusing ini, apanya yang rusak ini?

Nah itulah review saya saat memakai Mic Wireless clip on Robot RS20 pada HP Samsung A31 dan Oppo A16, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Posting Komentar untuk "Mic Robot RS20 Tidak Cocok Pada HP Oppo?"