Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Stop Mulai Percakapan di Chat dengan Huruf P, ini Alasannya

Otomade.com - Halo Brosis, jumpa lagi dengan saya, kali ini saya akan memberikan sedikit tips saat akan memulai percakapan di ruang chat, baik WhatsApp,Mesenger, Telegram, SMS atau aplikasi pesan instant lainnya.

Saat ini banyak sekali aplikasi pesan instant, mungkin paling banyak saat ini yang di pakai adalah WhatsApp, karena aplikasi ini paling praktis, cukup dengan nomor telpon saja kita sudah bisa punya akun.

Setiap masa mungkin trend dari aplikasi chat itu bisa berubah, nah dulu sebelum adanya WhatsApp dan juga mesenger dan aplikasi chat lainnya, dulu pernah ada BBM atau Blackberry Mesengger yang sangat populer.

Aplikasi BBM ini identik dengan PIN dan juga Ping!!! Dimana untuk bisa terhubung pada aplikasi BBM ini harus saling bertukar PIN atau salah satu yang invite PIN BBM teman lainnya.

Ada beberapa fitur yang masih saya ingat dari aplikasi BBM ini, misalnya kita bisa kirim pesan Broadcast ke semua kontak dalam sekali kirim, kita bisa melihat musik apa yg sedang didengarkan oleh orang lain di bilah status, kita bisa ngePing!!! Kontak teman banyak kali dan pastinya berwarna merah dan yang menerima HPnya akan bergetar.

Nah jadi mungkin saat urgent orang akan ngePing!!! Beberapa kali supaya yang dihubungi bisa mendengar pesan yang masuk. Untuk ganpangnya mereka akan mengetik huruf P saja nanti akan berubah menjadi Ping!!! Pada BBM.

Seiring berjalannya waktu aplikasi BBM semakin tidak diminati dan pada akhirnya BBM mulai meninggalkan Indonesia dan berhenti beroperasi di Indonesia.

Saat ini yang paling banyak di pakai adalah WhatsApp, nah aplikasi ini memang sangat simple dan mudah digunakan. Namun ada satu hal yang menurut saya aneh dari penggunannya, dimana ada orang yg suka memulai chat dengan huruf P.

Kira-kira apa maksudnya memulai chat dengan ngetik atau mengirim huruf P saja? Bukan hanya di WA, bisa di Mesenger atau apliaksi pesan instant lainnya.

Mungkin mereka beranggapan kalau di apliaksi itu ada fitur Ping!!! kayak di apliaksi BBM, nah jika mengetik huruf P maka akan berubah jadi Ping!!! dan HP penerimanya akan bergetar.

Atau bisa juga dengan mengirim huruf P, bukan hanya sekali bahkan berkali-kali untuk memastikan orang yang kita hubungi sedang online dan sedang memegang HPnya.

Dengan mengirim huruf P berkali kali, untuk memastikan orang yg kita hubungi mendengar pesan masuk atau sedang online, itu merupakan kesalahan yang fatal. Selain itu Anda juga kelihatan tidak sopan.

Kenapa bisa tidak sopan? Nah coba bayangkan kira-kira huruf P di ruang chat itu apa artinya? Bagi saya P itu tidak ada artinya, bahkan artinya bisa ke arah negatif seperti Pelecehan, Penistaan, Penelantaran, Pembiaran dan lain-lain. 😁

Nah jika memulai chat dengan sesuatu yang tidak ada artinya atau tidak berguna, maka jangan marah jika Anda juga tidak mendapat apa-apa dari yang Anda kirim. 😁

Jika sudah begitu, jangan salahkan orang yang Anda kirimi pesan tidak merespon pesan Anda, bahkan kalau direspon pun jawabannya tidak sesuai harapan, atau pesan Anda cuma dibaca saja.

Oleh sebab itu, apa susahnya apa salahnya memulai percakapan pada ruang chat dengan kata yang lebih berfaedah yang memiliki etika dan sopan santun? 

Memang begitu susahkah untuk mengetik satu atau dua kata yang sopan untuk memulai chat dengan orang lain?

Memulai chat dengan kata-kata yang sopan itu bukan hanya untuk orang yang anda hormati, orang yang anda takuti, atau orang yang tidak kenal.

Sebaiknya, ketika memulai chat dengan siapapun, mulailah dengan kata-kata sapaan kata-kata yang baik dan enak untuk di baca.

Kata-kata untuk memulai chat bisa pakai kata yang sesuai dengn kondisi saat itu, misalnya selamat pagi, siang, sore atau malam. Atau bisa juga pakai salam sesuai agama masing-masing kalau di Hindu itu pakai Om Swastiastu. Atau jika orang yg sudah kamu kenal, bisa juga dengan kata yg tidak terlalu formal, misalnya Halo, Halo masbro, halo gurl dll.

Nah setelah itu baru memulai dengan topik utama, apakah kamu ngechat cuma ngasih informasi atau minta tolong. Biasanya yg suka kirim huruf P ini biasanya sih akan minta tolong atau nyusahin, kebanyakan sih gitu.

Nah kalau sudah mau minta tolong, ya ngomong atau ketiklah kata minta tolong, jangan gayanya kayak orang main perintah, nyuruh orang ini itu, sudah nyusahin tapi tanpa bilang minta tolong.

Nah biasanya kalau orang gak bisa bilang minta tolong maka otomatis juga bisanya tidak bisa bilang terima kasih.

Nah mulai sekarang berhentilah memulai percakapan di ruang chat dengan hanya mengirim huruf P, karena itu tidak ada sopan santun dan juga tidak ada etika.

Jika kamu chat mau minta tolong, maka isi chatnya jangan kayak orang main perintah, isilah kata minta tolong, dan jika sudah atau pun belum di tolong maka jangan lupa ucapkan terima kasih.

Jika sudah begitu orang yang kamu chat tidak akan berfikir kamu itu sombong. Nah jika pesanmu belum di baca atau direspon, maka berfikirlah positif, mungkin dia sedang sibuk atau tidak bawa HP. Apa lagi kamu kirim pada waktu yang tidak tepat, misalnya malam hari pada saat jelang tidur.

Saya sendiri tidak pernah memulai chat dengan hanya mengirim huruf P apa lagi boom chat P berkali-kali. Saya selalu memulai dengan salam setelah itu baru isi topik chat dan diakhir pasti ada kata terima kasih. Entah itu langsung di baca atau bahkan di balas, itu terserah yang menerima.

Bahkan kita sudah sopan pun kadang ada balasan yang kurang sopan. Nah apa lagi mulai chat dengan huruf P doang, jadi jangan heran kalau balasannya juga asal.

Belajarlah menjadi orang sopan di segala tempat, dan menghormati orang lain bukan karena jabatan atau kekayaan, hormatlah pada semua orang,  jika sudah begitu orang juga akan dengan senang hati menghormati Anda. Seharusnya begitu. Suksma


Posting Komentar untuk "Stop Mulai Percakapan di Chat dengan Huruf P, ini Alasannya"