Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Minta Tolong yang Baik dan Benar Supaya tidak Terlihat seperti Main Perintah

Otomade.com - Halo Brosis jumpa lagi dengan saya, kali ini saya akan sedikit bercerita tentang cara minta tolong supaya terlihat elegan dan tidak seperti kayak orang tukang perintah atau main perintah, padahal tujuannya minta tolong yang artinya nyusahin orang lain.



Setiap orang yang dimintai tolong mereka sudah pasti berkorban waktu, tenaga dan kadang korban materi, oleh sebab itu hargailah setiap bantuan / pertolongan orang sekecil apapun itu sehingga orang tidak kapok untuk nolongin.

Jika cara kita minta tolong sudah benar dan bagus maka orang yang nolongin juga akan merasa senang  membantu kita karena bantuannya merasa dihargai. Sedangkan kalau caranya salah bahkan kayak orang main perintah ya, kadang orang juga males mau nolongin meskipun kadang bisa nolongin.

Nah bagaimana cara minta tolong ke orang lain supaya terlihat indah, elegan dan tidak terlihat seperti orang main perintah? Nah namanya saja minta tolong pastinya kata atau kalimat yang diucapkan pasti harus mengandung kata tolong dan diakhiri dengan kata terima kasih.

Nah misalnya kamu perlu bantuan, pulsa kamu habis malam hari dan kamu malas keluar, ada orang yang kamu kenal jual pulsa, maka kamu minta tolong sama dia. Seperti apa kalimat yang kamu kirim? contoh di bawah ini
  1. "Bro Kiriman pulsa 10ribu ke nomorku, besok bayar"
  2. "Malem bro, maaf ganggu, tolong kirimin pulsa 10ribu ke nomorku, besok bayar, makasih sebelumnya"
Nah dari dua contoh itu saya yakin kamu sudah tahu jawabannya, awali percakapan dengan salam, setelah itu baru minta tolong dan jangan lupa bilang terima kasih. Jangan kirim pesan di awali dengan huruf P.

Jika ada yang minta tolong dengan cara seperti pada nomor 1, saya sering abaikan, dia tidak menghargai pengorbanan orang yang telah membantunya. Biasanya kalau orang yang tidak bisa bilang minta tolong maka otomatis juga tidak bisa bilang terima kasih.

Nah itu cuma salah satu contoh saja, alangkah baiknya jika mau minta tolong jangan gayanya kayak orang main perintah, sebaiknya gunakan kata yang intinya kamu memang butuh pertolongan orang itu misalnya isi kata tolong, butuh banget, mohon dibantu, dll.

Nah itulah cara minta tolong yang baik dan benar, baik secara langsung atau lewat chat, awali dengan salam, isi kata tolong dan jangan lupa bilang terimakasih, meski belum di tolong dan jika sudah di tolong jangan lupa bilang terima kasih lagi. semoga bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Minta Tolong yang Baik dan Benar Supaya tidak Terlihat seperti Main Perintah"